Membangun Kompetensi Metakognitif Peserta Didik Melalui Deep Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
(2) SMA Muhammadiyah 8 Gresik, Indonesia

DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v8i1.3579
Full Text:

Submitted : 2025-05-16
Published : 2025-06-23
Abstract
References
Akmal, Aria Nur, Nur Maelasari, and Lusiana. “Pemahaman Deep Learning Dalam Pendidikan : Analisis Literatur Melalui Metode Systematic Literature Review ( SLR ).” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8, no. 3 (2025): 3229–36. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442.
Al-Janabi, Shozi Abbas Mohammad, and B. Mohajeran. “The Effectiveness of Critical Thinking and Metacognition on Academic Success and Mental Health of Students with The Mediating Role of Moral Beliefs.” Ethics in Science and Technology 19, no. 07 (2024): 43–51.
Awaliyah, Gea, Yoni Hermawan, and Ai Nur Solihat. “Peran Self Efficacy, Gaya Belajar, Dan Kesadaran Metakognitif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Akademik Ekonomi Dan Manajemen 2, no. 1 (2025): 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jaem.v2i1.4208.
Azis, Abd, Subar Junanto, and Zaenal Muttaqin. “Implementasi Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Active Deep Learner Experience ( ADLX ) Di SMA ABBS Surakarta Fakultas Tarbiyah , UIN Raden Mas Said Surakarta Pendahuluan Pendidikan Adalah Fondasi Utama Dalam Pembentukan Individu Dan Masyarakat , Yang Ber.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 11, no. 2 (2025): 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v11i2.5911.
Baroroh, Alisia Zahroatul, Diyah Andini Kusumastuti, and Rahmat Kamal. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran.” Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa 2, no. 4 (2024): 269–286. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1952.
Biggs, John, and Catherine Tang. Teaching for Quality Learning at University: What the Student Does. Third Edit. Maidenhead: he Society for Research into Higher Education & Open University Press, 2007.
Deviv, Selvia, Nur Fahmi Akhmad, Nur Syamsinar Munir, Muthi Syahidah Arifuddin, Muh Syilfa Nooviar, Mustamin, Asri, and Widi Astutik. “Workshop Pembelajaran ‘Deep Learning’ Bagi Guru SMKN 5 Pangkep Untuk Peningkatan Proses Pembelajaran.” Jurnal Abdimas Indonesia 5, no. 1 (2025): 629–40. https://doi.org/https://doi.org/10.34697/jai.v5i1.1418.
Diputera, Artha Mahindra, Zulpan, and Gita Noveri Eza. “Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning Dalam Pembelajaran Anak Usia Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful Dan Joyful : Kajian Melalui Filsafat Pendidikan.” Bunga Rampai Usia Emas (BRUE) 10, no. 2 (2024): 108–20. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168.
Fadil, Muhammad, Saiyidinal Fajrus Salam, and Gusmaneli. “Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Siswa.” Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2025): 21–33. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/moral.v2i2.795.
Fariah, Lailatul, Jamaluddin Jamaluddin, and Karnan Karnan. “Hubungan Kesadaran Metakognitif Dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMAN 1 Lembar.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 2 (2024): 1255–62. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2277.
Fathurrohman. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa.” Modeling: Urnal Program Studi PGMI 7, no. 2 (2020): 278–88. https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v7i2.719.
Fatmawati, Ira. “Transformasi Pembelajaran Sejarah Dengan Deep Learning Berbasis Digital Untuk Gen Z.” Jurnal Revorma 5, no. 1 (2025): 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140.
Fauzi, Bayu Bambang Nur, Bambang Qomaruzzaman, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 4 (2023): 2093–98. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6249.
Fitriyah, Syahadatul, Arfilia Wijayanti, and Monica Ratih Purwaningrum. “Pelaksanaan Self Assessment Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 1 (2024): 121–27. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.377.
Flavell, John H. “Metacognition and Cognitive Monitoring A New Area of Cognitive — Developmental Inquiry.” American Psychologist 34, no. 10 (1979): 906–11.
Irfan, Syihabul. “Kurikulum Pendidikan Indonesia Dalam Krisis Kesadaran : Kritik Dan Tawaran Transformasi Kesadaran Melalui Pelatihan Sehari ‘ Bedah Kurikulum .’” Dharma Prapanca: Journal of Community Service 1, no. 1 (2025): 9–16.
Kartikasari, Darwati. “Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Analisis Konsep Tekanan Pada Zat Padat Melalui Model Siklus Belajar Dengan Pendekatan Metakognitif.” ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah 2, no. 2 (2022): 101–14. https://doi.org/10.51878/action.v2i2.1165.
Khotimah, Deny Khusnul, and Muhammad Rohmad Abdan. “Analisis Pendekatan Deep Learning Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI Di SMKN Pringkuku.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 5, no. 2 (2025): 866–79. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1466.
Kurniawan, Rizky Gilang. Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Deep Learning: Strategi Mindful, Meaningful, Dan Joyful Learning. Banyumas: CV Lutfi Gilang, 2025.
Mahrus, Mahrus. “Kontekstualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Teori Dan Praktek Pendidikan Agama Islam.” Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2024): 127–31. https://doi.org/10.56854/sasana.v2i2.320.
Maksad, M, Dina Hermina, and Nurul Huda. “Kritik Terhadap Teori Evaluasi Pendidikan Islam.” Mandarasa: Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (2024).
Miladiyah, Ainun Nida, and Moh. Irmawan Jauhari. “Pendekatan Integratif Sains Dan Agama Pada Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik.” Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 5, no. 2 (2025): 299–308. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i2.6824.
Minarti, Sri. Ilmu Pendidikan Islam: Antara Fakta Teoritis-Filosofis Dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah, 2013.
Mukhafidoh, Nadhirotul, Husnul Mu’amalah, and Syarif Maulidin. “Implementasi Metode Talaqqi Dan Takrir Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadits: Studi Di MTs Tri Bakti Al Ikhlas Anak Tuha.” ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik 4, no. 4 (2025): 161–68. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/academia.v4i4.4134.
Mulyani, Rila Rahma, Yasrial Chandra, and Rahma Wira Nita. “Self Regulated Learning (SRL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SDN 35 VII Koto Sungai Sarik.” Human: Journal of Community and Public Service 2, no. 2 (2023): 23–30.
Muzeliati, Herlinawati, and Nur Faisal. “Dari Instruksi Ke Refleksi: Peran Kompetensi Guru Dalam Membentuk Kesadaran Metakognitif Siswa.” Research Journal on Education 5, no. 2 (2025): 985–994. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2402.
Nurmidi, Muhammad, Sohwan, and Muliani. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Deep Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar SKI Di MI.” Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Pengabdian Masyarakat (JPSPM) 01, no. 02 (2024): 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.14886204.
Oktaviani, Riska. “Integrasi Teknologi Deep Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 1 (2024): 61–67.
Patmaningrum, Agustin. “Pemanfaatan Kemampuan Metakognitif Dalam Upaya Peningkatan Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk 14, no. 1 (2019): 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.69866/dp.v14i1.94.
Pauzi, Ahmad, and Jasiah. “Peran Refleksi Dalam Pembelajaran Pai Untuk Mendorong Berpikir Kritis Siswa.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2025): 160–65.
Ramadan, Zaka Hadikusuma, Miranti Eka Putri, and Muhamad Nukman. Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Di Sekolah Dasar (Teori Dan Aplikasi). Cirebon: CV. Green Publisher Indonesia, 2025.
Rasyidi, Ahyar. “Pendidikan Agama Islam Dan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Pengembang Pemahaman Serta Pengamalan Ajaran Islam Kehidupan Sehari-Hari.” Islamic Education Review 1, no. 1 (2024): 1–21.
Robbani, Hamdan. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” ABDUSSALAM : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam 1, no. 1 (2025): 79–85.
Romdani, Ali, Ahmad Agus Sholehuddin, and M Mahbubi. “Zakat Hingga Dakwah : Membangun Karakter Islami Lewat Fikih Di SMP.” Jejak Digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 2 (2025): 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.63822/.
Sari, Ambar Wulan, and Dewi Juni Arta. “Implementasi Deep Learning: Suatu Inovasi Pendidikan.” Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan 13, no. 01 (2025). https://doi.org/https://doi.org/10.61689/waspada.v13i1.727.
Sari, Indah Nur Bella, Agus Pahrudin, Agus Jatmiko, and Koderi. “Desain Kurikulum PAI Berbasis Karakter: Integrasi Pengetahuan, Etika, Dan Spiritualitas.” Journal of Education Research 5, no. 4 (2024): 6597–6604. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1962.
Sari, Meiliza. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar.” Al-Mujahadah: Islamic Education Journal 1, no. 1 (2023): 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48.
Schraw, Gregory. Promoting General Metacognitive Awareness, 2001. https://doi.org/10.1007/978-94-017-2243-8_1.
Sediyono, Eko, Zainal Arifin Hasibuan, Iwan Setyawan, Eka Purnama Harahap, and Arif Darmawan. “Analisa Sistematis Manajemen Pengetahuan Digital Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan Di Universitas.” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal 3, no. 2 (2022): 97–109. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.790.
Sembiring, Lisa Seprina Br., Juliani, Ayu Nisa Lestari, Durroh Ma, and Dani Kurniawan. “Pengaruh Kurang Optimalnya Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Indonesia.” Mesada: Journal of Innovative Research 01, no. 02 (2025): 219–30.
Setiawan, Bahar Agus, Tobroni, Yus Mochammad Cholily, and Khozin. Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan: Kajian Riset Metakognisi, Efikasi Diri, Dan Motivasi Siswa Dalam Efektivitas Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication, 2021.
Sholeh, Muh Ibnu, Nur ‘Azah, Dinar Ayu Tasya’, Sokip, Asrop Syafi’i, Sahri, Hasyim Rosyidi, Zainur Arifin, and Siti Fatinnah binti Ab Rahman. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Tinta 6, no. 2 (2024): 158–176. https://doi.org/https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v6i2.1484.
Suciani, Rani Noer, Naila Len Azizah, Iva Oktaviani Gusmaningsih, and Risti Aulia Fajrin. “Strategi Refleksi Dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 2 (2023): 114–23.
Suwandi, Riska Putri, and Sulastri. “Inovasi Pendidikan Dengan Menggunakan Model Deep Learning Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik 2, no. 2 (2024): 69–77. https://doi.org/https://doi.org/10.61476/186hvh28.
Syaripuddin, Syaripuddin, Amin Fauzi, and Suwarno Ariswoyo. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTS Melalui Pendekatan Metakognitif.” Jurnal MathEducation Nusantara 3, no. 2 (2020): 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.142.
Wardana, Rendy Wikrama, Anggun Prihatini, and M. Hidayat. “Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika.” PENDIPA Journal of Science Education 5, no. 1 (2021): 1–9. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9.
Yasinta, Ria, Sri Haryani, Sri Susilogati Sumarti, and Harjono Harjono. “Analisis Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Pada Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PjBL Materi Elektrolit Dan Nonelektrolit.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 17, no. 1 (2023): 49–56. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.32223.
Yasni, Dudun. “Penilaian Portofolio Sebagai Instrumen Pengukuran Kompetensi Peserta Didik.” Celebes Journal of Elementary Education 2, no. 1 (2024): 1–23.
Yusuf, Munir. Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. Yogyakarta: Selat Media Patners, 2023.
Zee, Theo Van Der, Chris Hermans, and Cor Aarnoutse. “Primary School Students’ Metacognitive Beliefs about Religious Education.” Educational Research and Evaluation 12, no. 3 (2006): 271–93. https://doi.org/10.1080/13803610600616294.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.