ANALISIS INSTRUMEN EVALUASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMAN 1 WOYLA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Suharman Suharman(1Mail), Khairuddin Hasan(2),
(1) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Indonesia
(2) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v6i2.2803

Full Text:    Language : Indonesia
Submitted : 2023-10-02
Published : 2023-12-18

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk melakukan analisis instrumen evaluasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini adalah item soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 dan hasil belajar siswa. Analisis dilakukan dengan menggunakan program ANATES. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 20 item soal, hanya satu yang memiliki kualitas daya pembeda sangat buruk dan harus ditolak yaitu item soal nomor 17 dengan indeks daya pembeda 0.00, berdasarkan kriteria < 0.  Adapun item yang harus diperbaiki adalah item soal no 7 dan 18 karena berada pada indeks daya pembeda 0 < D < 0.25, tepatnya 20.00 dan 16.67. Dari 180 pengecoh yang digunakan, sebanyak 48 opsi pengecoh harus diperbaiki karena berada pada kategori kurang baik berjumlah 17, buruk berjumlah 21 dan sangat buruk berjumlah 10. Sisa pengecoh sebanyak 132 opsi berkategori baik dan sangat baik.Diharapkan ada perbaikan terhadap instrumen evaluasi yang digunakan. Evaluasi mempertimbangkan tingkat kerumitan, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas instrumen. Hasil belajar siswa cukup baik. Namun, beberapa siswa memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Direkomendasikan kepada guru untuk memberikan penanganan pada faktor penyebab internal dan eksternal. Pendelegasian peran pendampingan kepada orang tua pada pembelajaran jarak jauh dapat menjadi solusi. Kombinasi pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka menjadi treatment option.


References


Amaliah, Raden Rizky, Abdul Fadhil, and Sari Narulita, ‘Penerapan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta’, Jurnal Studi Al Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, Vol. 10, n.2 (2014), h. 121

Andhika, M. Rezki, and Andra Setiawan, ‘Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ips Kelas Iv Min 8 Aceh Barat’, Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3.1 (2022), 63–75

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) (Bumi Aksara, 2019)

Arsyad, and Salahudin, ‘Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai)’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16.2 (2018), 179–90

Azwar, Saifuddin, Dasar-Dasar Psikometri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999

Azzura, Nurul, and Sulaiman, ‘PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BATIPUH’, 6.September 2022, 649–60

Badrus, Mohamad, ‘Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Di SMA Mardi Utomo Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri’, Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8.2 (2018), 143–52

Choiriani, Haifa Ayu, Ika Ratih Sulistiani, and Yorita Febry Lismanda, ‘HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMA AL-RIFA’IE KETAWANG GONDANGLEGI MALANG’, Vicratina, 4.1 (2019), 65–71

Dewi, Sitti Ratna, Arifin Arifin, and Heriyani Ramlia Fua, ‘Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna’, Jurnal Al-Ta’dib, 9.2 (2016), 1–21

Feriza, Firman, ‘Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMA Muhammadiyah Kota Pagar Alam’, Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3.1 (2018), 0–10

Hasan, Khairuddin, and Khairul Anam, ‘Comparative Study of Distance Learning Innovations of Islamic Religious Education Teachers in Aceh Jaya’, FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 8.1 (2022), 37–56

Hasan, Khairuddin, Masni, and Maya Agustina, ‘USE OF YOUTUBE-BASED LEARNING MEDIA BY MADRASAH TEACHERS IN ACEHJAYA’, 2023, 203–9

Huproni, Huproni, ‘Penerapan Metode Drill and Practice Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama’, SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3.2 (2020), 62–76

Majid, Muhammad Syahdan, Abdi Azizurahman, and Abdul Rahman, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14.1 (2022), 12–20

Mubayyinah, Nurrahmatika, and Moh. Yahya Ashari, ‘Efektivitas Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A Di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang’, Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2017), 75–93

Mujiastuti, Agustina Ika Candra, and Fiska Ilyasir, ‘Pengaruh Pertemanan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6.1 (2016), 77

Musyarofah, Atiqatul, ‘Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018’, Transcommunication, 53.1 (2018), 1–8

Nashir, Ahmad, Syamsuriadi Salenda, and Nama Penulis, ‘Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar’, Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11.1 (2020), hlm. 7

Nikmah, Khoirul, and Ramdanil Mubarok, ‘PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI’, Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2.2 (2021), 103–30

Nu’man, Ahmad Zanin, ‘Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo)’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2013), 1689–99

Nurarita, Nurarita, and Dede Supendi, ‘Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Campaka’, Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3.02 (2022), 167–80

Nurhusna, S, ‘Membentuk Kepribadian Murid Melalui Sifat-Sifat Terpuji Dalam Ajaran Islam Yang Berdampak Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar’, Jurnal Mahasiswa Humanis, 1.1 (2021), 18–24

Raihan, ‘Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA Di Kabupaten Pidie’, DAYAH: Journal of Islamic Education, 2.1 (2019), 115

Rofi’i, M., ‘PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES ( PKP ) KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO M . Rofi ’ i SMA Negeri 1 Sukoharjo Email : Mrofi68@gmail.Com * Corre’, 3.2 (2022)

Siregar, Nurhamida, and Nur Fauziah Siregar, ‘Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 4 Padangsidimpuan’, Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan …, 08.02 (2020), 213–22

Sugiono, P.D., Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Pdf, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 2014

Sumarna Supranata, Analisis, Validitas, Reliabilitas, Dan Interpretasi Hasil Tes, Ketiga (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)

Yusrizal, ‘Pengukuran & Evaluasi Hasil Dan Proses Belajar’, Pale Media Prima, Pertama.Oktober 2016 (2016), 429

Zulaiha, Rahmah, Analisis Soal Secara Manual (Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012)


Article Metrics

 Abstract Views : 189 times
 PDF Downloaded : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.