YOUTUBE SENI KOMUNIKASI DAKWAH DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
[Penelitian ini mendiskripsikan bahwa perkembangan media sosial YouTube memberikan pola baru komunikasi para pendakwah dan guru. YouTube adalah media paling strategis, yang memuat konten video untuk menyebarkan informasi sebagai seni berkomunikasi dengan melibatkan para pengguna. Kebiasaan masyarakat di era revolusi industri 4.0 mengubah pola komunikasi untuk mendapatkan informasi daring (dalam jaringan). Melalui kata kunci tertentu pengguna YouTube bisa memperoleh informasi yang diinginkan. Platform media sosial memiliki konten yang bermacam-macam termasuk didalamnya adalah dakwah Islam dan pendidikan Islam. YouTube Dalam konteks pendidikan Islam beberapa konten dakwah bisa dijadikan sebagai media pembelajaran atau pengayaan materi yang selama ini masih terbatas pada buku pelajaran].
Kata Kunci : YouTube, Komunikasi Dakwah, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aliyudin, Enjang AS. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Tim Widya Padjadjaran.
Aziz, M.A. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Darmawan, A. (2005). Ibda’i Bi Nafsika : Tafsir Baru Keilmuwan Dakwah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Faiqah. F, Nadjib. M, Amir. A.S. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 5 No.2 Juli – Desember.
Hajar, I. (2018). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah Di Kota Makassar (Analisis Sosial Media) Jurnal Al-Khitabah, Vol. V, No. 2, November.
Hassani. N. (2018). Perempuan-Perempuan Muhammadiyah Dalam Media Massa Pada Agenda Abad Dua Muhammadiyah (Kajian Semiotik). Prosiding Semnas AIK UMS.
Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi : Media, Teknologi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munir, (2017). Pembelajarn Digital. Bandung: Alfabeta.
Muttaqin, I. (2018). Komunikasi dan Dakwah Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Dakwah Al Hikmah. Volume 12 Nomor 2.
Prawiradilaga, D.S. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sumadi, E. (2016). DAKWAH DAN MEDIA SOSIAL: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 4, No. 1 Juni 2016.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wahyuningsih, D., Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung : Penerbit Informatika.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia
Zacharias, N.T. (2012) Qualitative Research Methods for Second Language Education: A Coursebook. Cambridge Scholars Publishing.
https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube diakses 22 April 2019
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180406202852-213-288967/YouTube-jadi-aplikasi-media-paling-populer-di-indonesia
DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1316
Article Metrics
Abstract view : 3559 timesPDF - 2560 times
Article Metrics
Abstract view : 3559 timesPDF - 2560 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.